Kecantikan,

Hilangkan Bopeng dengan Resep Berikut

08.30 Patricia Dian 2 Comments



Bekas jerawat atau yang biasa dikenal dengan nama Bopeng merupakan salah satu masalah pada wajah yang sering dihadapi banyak orang. Bopeng sendiri terjadi karena beberapa sebab, salah satu diantaranya karena jerawat. Kebiasaan menyentuh atau memencet jerawat dengan tangan merupakan faktor pemicu terjadinya bopeng pada wajah. Tangan yang kotor ketika menyentuh jerawat mengakibatkan bakteri akan masuk sehingga bisa menimbulkan infeksi. Bopeng pada wajah tentunya sangat mengganggu penampilan, terutama untuk para wanita, biasanya akan menjadi kurang percaya diri. Sehingga berbagai upaya pun dilakukan untuk mengatasi bopeng pada wajah, termasuk perawatan dengan menggunakan kosmetik yang mengandung bahan kimia. Akan tetapi penggunaan kosmetik yang mengandung bahan kimia bukanlah solusi yang tepat, karena jika kosmetik ini memiliki bahan yang berbahaya maka bekas bopeng yang harusnya bisa hilang akan semakin memburuk dan bertambah.  Untuk itu sangat disarankan agar menggunakan bahan alami untuk mengobatinya. Salah satunya yaitu dengan madu.

                Madu dikenal sebagai bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Kandungan antibiotik pada madu dipercaya mampu untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, mencegah terjadinya peradangan yang disebabkan karena infeksi bakteri. Zat alami pada madu dapat mempercepat proses penyembuhan sel-sel tubuh yang rusak, sehingga bopeng pada wajah dapat disembuhkan. Mengkonsumsi madu secara rutin dapat memicu produksi hidrogen peroksida, yang nantinya akan secara ampuh  membunuh bakteri penyebab jerawat dan dapat menyamarkan bekas jerawat secara cepat. Madu juga memiliki kandungan antioksidan sehingga dapat  menangkal radikal bebas, serta berperan sebagai pelembab alami kulit. Madu juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang akan membuat kulit menjadi lembab serta cerah secara alami. Setelah mengetahui banyak manfaat yang dihasilkan dari madu, sekarang saatnya untuk mengetahui berbagai resep dengan bahan dasar madu yang dapat diaplikasikan sebagai masker untuk wajah yang berfungsi untuk menyembuhkan bopeng.

·      Masker Madu

Cara paling ampuh untuk menghilangkan bopeng yang pertama adalah dengan cara menggunakan madu murni sebagai masker alami untuk wajah. Sebelum memakai madu sebagai masker, cuci bersih wajah dengan menggunakan air hangat terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar pori-pori kulit dapat membuka. Setelah dikeringkan oles madu secara lembut pada wajah yang bopeng, biarkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas menggunakan air dingin.


·      Madu dengan Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, dimana vitamin C dapat memproduksi kolagen yang berfungsi menghaluskan dan mengenyalkan kulit. Sehingga perpaduan madu dan lemon dapat mempercepat proses penyembuhan bopeng pada wajah.

Caranya hanya perlu menambahkan perasan lemon pada madu dengan perbandingan 1:1, setelah itu gunakan pada wajah yang sudah dibersihkan selama 15 menit. Barulah bilas dengan air bersih.

·      Madu dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga diyakini dapat menangkal radikal bebas dan juga dapat mencegah peradangan jerawat. Perpaduan antara madu dan minyak zaitun dapat digunakan sebagai masker untuk mengatasi masalah bopeng pada wajah. Cara penggunaannyapun sama seperti penggunaan masker madu dan lemon, hanya tinggal mengganti lemon dengan minyak zaitun.

·      Madu dengan Baking Soda

Baking soda memiliki kemampuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran, maupun minyak berlebih yang terperangkap di pori-pori kulit. Sehingga baking soda ini jika dipadukan dengan madu akan menjadi masker yang dapat menghaluskan kulit dan mempercepat proses penyembuhan bopeng pada wajah. Cara penggunaannya pada wajah sama seperti penggunaan masker lainnya, hanya saja penggunaan masker ini sebaiknya dilakukan seminggu sekali secara rutin.

·      Madu dengan Tomat

Tomat memiliki kandungan Vitamin A,C, E, K, B1, B2, B3, dan B6 yang akan membantu dalam mengecilkan pori serta memperbaiki kulit yang rusak sehingga sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan bopeng jerawat.

                Nah, itu tadi beberapa resep yang dapat digunakan sebagai masker alami untuk menghilangkan bopeng jerawat. Penggunaan bahan-bahan alami jika dibandingkan dengan penggunaan produk kimia, tentunya akan membutuhkan waktu yang agak lama, sehingga dibutuhkan ketelatenan, keuletan dan disiplin dalam melakukan perawatan untuk mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan.






2 komentar:

  1. Hai mbak Dian, keren nih artikelnya, saya sering pakai madu tapi gak kepikiran kalau bisa menghilangkan bekas jerawat. Eh muka lebih halus siih. TFS

    BalasHapus
  2. Betul Mba Eni..saya sudah lama nggak perawatan ke dokter ataupun pakai krim-krim racikan.
    Hasilnya bopeng berkurang mba, meskipun lama banget prosesnya,hihiihih

    BalasHapus