Senin, 15 Mei 2017

Indahnya Live in di Desa Wisata Kandri Semarang



Kandri merupakan nama desa di Kecamatan Gunungpati, Semarang. Memiliki objek wisata andalan seperti Goa Kreo, Waduk Jati barang serta yang paling menyita perhatian adalah Desa Wisata Kandri.


Desa Wisata Kandri memiliki potensi alam serta beragam kebudayaan yang unik. Jika berkunjung ke desa wisata ini, ada beberapa pilihan paket wisata mulai dari anak usia PAUD/TK, SD-SMA, umum bahkan paket wisata custom menawarkan live in di Omah Alas selama satu hari satu malam.
Buat kita yang menginginkan liburan yang berkesan, tidak ada salahnya mencoba live in di Kandri. Menurut salah seorang pengelola desa wisata Kandri, tempat ini sudah sering dikunjungi untuk live in mahasiswa atau dari berbagai komunitas.

Paket yang ditawarkan untuk wisata di desa kandri pun bermacam-macam mulai dari wisata edukasi seperti pengenalan akan persawahan, menanam padi, berkebun singkong serta cara pengolahannya, membatik, berkunjung ke Goa Kreo, taman wisata sayuran organik.
Berkunjung ke desa wisata kandri kurang afdol kalo nggak mencicipi yang namanya Sego Kethek. Namanya terdengar unik, jika diartikan dalam bahasa indonesia berarti nasi monyet. Jika selama ini kita sudah terbiasa dengan istilah nasi kucing, di kandri Sego Kethek menjadi andalan.
Sego Kethek merupakan nasi putih dengan lauk sederhana seperti tempe, tahu goreng, ikan asin goreng, telur dadar, tumis daun pepaya. Satu yang menjadikan unik sego kethek adalah cara penyajiannya. Dimana kesemuanya ini disajikan beralaskan alas daun jati. Pemilihan daun jati sendiri dipercaya akan menambah aroma khas sehingga ada kenikmatan tersendiri ketika kita menyantapnya. Sege Kethek sendiri biasanya disajikan selagi masih hangat, dimakan dengan cara muluk (menggunakan tangan).
Selain wisata alam dan kuliner unik, Desa Kandri juga dikenal sebagai desa budaya. Beragam kesenian seperti wayang kulit, pagelaran tari, gamelan sering digelar di Kandri ini. Tidak hanya sebagai penonton, wisatawan yang datang dan ingin langsung belajar gamelan ataupun menari juga terbuka lebar di sini.
Puas mengeksplore Kandri, sebagai cinderamata wisatawan bisa membeli aneka souvenir khas Kandri yang seperti patung yang terbuat dari kayu dan ranting-ranting pohon.

Ada juga aneka olahan singkong seperti getuk sidomarem, getuk goreng, sidomarem ketela cake, ataupun wingko singkong yang merupakan kreasi masyarakat Kandri.

Selamat Bereksplore yaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar