Inspirasi,

Situs Marketplace ini Akan Membantumu Menghasilkan Rupiah Tanpa Harus Keluar Rumah

16.05 Patricia Dian 0 Comments



Setelah lulus kuliah ada sebuah dilema yang dirasakan sebagian besar para mahasiswa. Apalagi kalau bukan kegalauan untuk mendapatkan pekerjaan. Saat ini mencari pekerjaan itu susah susah gampang. Ada ribuan pencari kerja namun nyatanya tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang di sediakan pemerintah. Buat yang sampai detik ini masih galau dan tak kunjung mendapatkan pekerjaan, berterima kasihlah pada era digital.
Hari ini kita hidup di era digital yang memberikan kemudahan untuk mengakses apapun, mulai dari belanja, belajar, menggunakan layanan jasa, bahkan sampai mencari lowongan pekerjaan. Tentu hal ini semakin memudahkan para pencari kerja, karena kita tidak perlu lagi bersusah-susah mengirimkan lamaran ke sebuah perusahaan, lalu interview dan harus menunggu waktu berhari-hari untuk mendapatkan hasilnya. Jaman sudah berubah, internet membawa dampak nyata akan perubahan itu.
Bagi kita yang sampai saat ini belum mendapatkan pekerjaan atau sudah memiliki pekerjaan namun berkeinginan untuk mencari tambahan uang saku, ada baiknya untuk mencoba menjelajah beberapa situs marketplace yang menyediakan jasa sebagai pekerja lepas atau freelance di bawah ini.

Freelancer.co.id

 
Sampai sejauh ini, freelancer Indonesia masih menjadi situs favorit para pencari kerja. Di situs ini ada banyak sekali pekerjaan yang ditawarkan dalam berbagai bidang seperti data entry, desain grafis, pengembangan situs web, pemasaran internet, dll.
Saat ini tercatat sudah ribuan orang bergabung pada situs ini dan siap bersaing memperebutkan pekerjaan.

Sribulancer


Selain freelancer, ada situs marketplace dalam negeri yang mulai populer dan telah memiliki banyak freelancer ataupun perusahaan pencari jasa. Sama seperti Freelancer Indonesia, ada beragam pekerjaan yang ditawarkan pada situs Sribulancer, Akan tetapi pada situs ini, kita akan menjumpai klien ataupun pekerjaan yang lebih lokal jika di banding freelancer. Hal ini juga dapat dilihat dari cara pembayaran.
Jika untuk freelancer kita akan menjumpai pembayaran dengan menggunakan kartu kredit atau PayPal, untuk Sribulancer pembayaran dapat dilakukan dengan transfer antar bank, yaitu klien akan melakukan pembayaran ke rekening Sribulancer yang berperan sebagai rekening bersama.

Projects.co.id


Berbeda dari situs marketplace Freelancer atau Sribulancer, dalam situs marketplace ini menawarkan plattform jual beli produk, sehingga pengguna Projects juga bisa melakukan kegiatan jual beli produk digital. Biasanya produk yang di jual bervariasi, seperti ebook, desain baju, software, dll.
Projects juga menyediakan program Affiliate Referral sebagai alternatif pasif income bagi pengguna. Pengguna hanya perlu mempromosikan Projects melalui URL yang telah disediakan. Nantinya, Projects bisa melacak siapa saja orang yang mendaftar di situs ini berdasarkan referral tersebut. Jika orang yang baru mendaftar tersebut berhasil melakukan transaksi, maka pengguna yang memberikan referral bisa mendapatkan komisi sebesar 10 persen hingga 20 persen (dari komisi yang didapat oleh Projects).

Fiverr 


Berbeda dengan ketiga situs di atas, Fiverr merupakan plattform tempat bertemunya para penjual ataupun pembeli dari belahan dunia manapun yang menawarkan berbagai macam jasa seperti graphic desain, videography, music, content writing dan masih banyak lagi. Biasanya banyak pemula yang mengawali pekerjaannya sebagai freelance di Fiverr ini. Untuk harga yang ditawarkan per project biasanya sebesar $5. Namun seiring meningkatnya skill dan kemampuan tentu kita dapat meningkatkan harga yang relevan.
Saat ini banyak orang yang mendapatkan pekerjaan lepas di situs ini, untuk pembayaran sendiri biasanya menggunakan PayPal dan akan di bayarkan setelah semua pekerjaan selesai di kerjakan.
Setelah berhasil menyelesaikan pekerjaan, jangan ragu untuk meminta review dari klien, karena review positif inilah yang akan digunakan untuk menarik klien selanjutnya.

Upwork


Situs marketplace yang hampir serupa dengan fiverr ini juga menawarkan lowongan pekerjaan dengan beragam bidang yang luas. Ada yang mengatakan Upwork adalah salah satu marketplace terbaik di dunia maya.
Buat yang tertarik untuk menjaring dollar di situs ini bersiaplah untuk mengikuti tes online yang biasanya akan dijadikan bagian dalam portofolio kita.

0 komentar: