Sabtu, 14 April 2018

Swikee Sajian Istimewa Khas Purwodadi Grobogan


Grobogan adalah salah satu Kota Kabupaten di Privinsi Jawa Tengah dengan pusat kota di Purwodadi. Berbicara tentang purwodadi tidak akan jauh-jauh dengan salah satu kuliner andalannya yaitu Swikee. 

Swikee adalah hidangan dengan menu utama daging kodok atau katak. Biasanya yang dipakai adalah bagian paha, dipadukan dengan rendaman bumbu tauco serta taburan bawang goreng dan seledri. Swikee biasanya disajikan dengan kuah panas dan disantap dengan nasi putih yang hangat. Untuk menambah rasa bisa juga ditambahkan dengan perasan jeruk nipis.

Purwodadi memang dikenal sebagai kota Swikee. Seiring bertambahnya permintaan dan banyaknya pelanggan yang hilir mudik berburu kuliner satu ini, olahan Swikee ini pun kini hadir dengan berbagai variasi seperti kodok goreng tepung, kerupuk kulit, pepes,dll. 

Jika berkunjung ke Purwodadi kita akan dengan mudahnya menemukan kuliner ini. Mulai dari penjual dipinggir-pinggir jalan sampai rumah makan ternama. Berbicara tentang Swikee ada satu tempat yang cukup populer dan tiap harinya ramai pengunjung. Konon tempat ini adalah cikal bakal penjual Swikee di Purwodadi.

Rumah makan Swikee Cik Ping yang terletak di Jalan Kolonel Sugiono Purwodadi. Menurut penuturan si empunya rumah makan, tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1901, dan dikelola secara turun temurun hingga sekarang. Meski sudah lama berdiri ternyata rumah makan ini belum berencana membuka cabang di tempat lain. Hal ini karena si pemilik sendiri enggan jika cita rasa yang dihasilkan akan berbeda. Tentu ini sangat berpengaruh sekali dengan citra rumah makan swikee yang sudah menjadi ikon Purwodadi ini.

Selama ini mungkin banyak yang sudah mendengar tentang olahan daging kodok ini. Sedang untuk yang baru pertama kali mendengarnya bahkan belum pernah mencoba pasti tidak bisa membayangkan jika katak yang biasa kita jumpai saat hujan, tiba-tiba disajikan pada sebuah mangkok dan menunggu untuk dilahap. Terdengar sangat menjijikkan tentunya.

Untuk menjadi olahan swikee biasanya katak yang disajikan adalah katak sawah. Untuk itulah saat ini banyak peternak katak sawah yang memang ditujukan khusus untuk olahan swikee ini.
Katak atau kodok memang binatang yang terlihat begitu menjijikkan, apalagi amfibi satu ini hidup di dua alam. Untuk itulah binatang ini dianggap haram untuk di konsumsi.



Terlepas dari pertimbangan haram dan halal, mereka yang sudah pernah menikmati olahan ini mengaku ketagihan. Karena itulah mereka penggemar swikee rela menempuk jarak beribu-ribu kilo demi berburu kuliner satu ini.

Bagaimana penasaran atau tertarik untuk mencicipi kuliner satu ini?
Selamat mencoba ya...