Kamis, 18 Oktober 2018

Mencicipi Lontong Balap Kuliner Khas Surabaya


Indonesia adalah salah satu negara yang dikenal memiliki kuliner yang beragam.  Kekayaan alam serta sumber daya yang melimpah membuat satu tempat dengan yang lainnya memiliki cara tersendiri dalam mengelolanya. Seperti halnya kuliner meski terlihat sama bukan berarti rasa dan namanya sama. Seperti kuliner lontong balap yang merupakan salah satu kuliner khas Surabaya ini. Sesuai dengan namanya lontong balap memakai lontong sebagai bahan dasar dalam penyajiannya.




Pada beberapa tempat kita sering menjumpai ragam kuliner yang memakai lontong sebagai bahan dasar, sebut saja tahu gimbal, mie kopyok, lontong campur dan juga lontong balap. Satu yang membuat lontong balap ini berbeda dengan kuliner lain yang berbahan dasar lontong adalah cita rasa kuat yang berasal dari kuah panas berwarna bening kehitaman. Jika pada mie kopyok kita akan menemukan rasa kecap dan bawang putih yang begitu kuat, lain halnya dengan lontong balap.

Sesuai dengan namanya lontong menjadi bahan dasar kuliner lontong balap ini. Dalam penyajiannya lontong akan disajikan bersama tauge, tahu, kerang, petis kemudian di siram dengan kuah panas di atasnya. Satu lagi yang membuat unik adalah adanya tambahan irisan lento goreng. Lento sendiri adalah kacang yang direndam semalaman kemudian ditumbuk dan beri bumbu seperti garam, bawang putih, bawang merah, daun jeruk, ketumbar, kencur. Barulah setelah hancur dibentuk menggunakan tangan dan digoreng.

Lontong balap nikmat disantap dalam keadaan masih masih panas, cita rasa petis yang begitu kuat semakin manambah perpaduan rasa yang gurih dan manis pada kuliner ini. Sehingga tidak salah jika menjadikan lontong balap sebagai satu kuliner wajib yang mesti dicoba saat kita menginjakkan kaki di kota Surabaya. Tapi jangan khawatir buat yang penasaran dengan lontong balap, ada satu rekomendasi tempat yang manjajakkan lontong balap. 


Buat yang tinggal di Semarang dan sekitarnya berikut tempat yang perlu kalian coba jika penasaran seperti apa cita rasa lontong balap. Namanya rumah makan “Tombo Kangen” yang berlokasi di Jl. A. Yani Ungaran. Tempat yang secara khusus menyajikan aneka kuliner khas Surabaya ini sudah dikenal beberapa kalangan memiliki rasa yang menggugah selera makan. Dan perlu kalian tahu, lontong balap di sini juara (horaaaiiii)…

Untuk mencicipi satu porsi lontong balap  kita harus merogoh kocek sebesar Rp 17.000. Tapi  bagi kalian yang porsi makannya kecil ada baiknya pesan satu porsi untuk berdua sebab untuk satu porsi ukurannya terlalu besar. 

Bagaimana penasaran dengan cita rasa lontong balap?

Selamat menikmati…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar