.

Kamis, 02 Mei 2019

Meet Up Storial Community di Jogjakarta



Storial.co merupakan platform digital untuk membaca dan menulis buku secara online. Salah satu keuntungan bagi kita yang menjadi kontributor di Storial.co adalah adanya royalti penulis yang diperoleh dari cerita yang kita posting dan telah diunduh oleh pembaca yang menyukai cerita kita. Sedangkan bagi kita yang hanya jadi pembaca cerita di Storial ada juga yang namanya reading challenge yang memberikan koin kepada pembaca yang sudah membaca cerita sebanyak 100 bab. Koin inilah yang bisa kita gunakan untuk membeli cerita premium di Storial.

Meski belum sepopuler Wattpad, ada beberapa penulis yang sudah melahirkan karya di Storial ini. Sebut saja Bernard Batubara, Wisnu Suryaning Adji, dan Ika Natasha. Karya mereka sudah mendapat ribuan pembaca, bahkan ada juga yang sudah cetak dan bisa ditemukan di toko buku offline.

Setiap bulan Storial.co mengadakan challenge menulis dengan hadiah yang tentu menarik. Seperti bulan April lalu salah satu challenge menulis cerpen dengan tema unforgettable moments ini digelar sebagai syarat untuk mengikuti #storialroadshow2019 di Jogjakarta.
Setiap peserta yang sudah mengirimkan naskah dan terpilih berhak mendapat undangan khusus yang dikirimkan lewat email untuk mengikuti acara talkshow dan workshop dalam rangkaian acara #storialroadshow2019 pada tanggal 27 April 2019. 

Cover cerita Jogja Kembali
Bertempat di block71 yang merupakan coworking space di Jogjakarta, kegiatan #storialroadshow2019 berlangsung. Sebanyak lima puluh orang peserta datang dari berbagai kota dengan tujuan yang sama, saling kenal dan belajar .


Aku sendiri adalah salah satu kontributor yang beruntung, cerita berjudul Jogja Kembali yang aku ikutkan dalam kompetisi ini terpilih dan mendapat undangan khusus berangkat ke Jogja. Satu hal yang membuat excited adalah kehadiran dua narasumber yang merupakan penulis senior dan karyanya sangat populer di Storial, Bernard Batubara penulis novel Espresso dan Wisnu Suryaning Adji penulis novel Rahasia Salinem.

Sebagai opening tim  Storial memberikan gambaran tentang Storial itu sendiri dan bagaimana mekanisme royalti yang diterima setiap kontributor yang sudah mendaftarkan ceritanya secara premium. Barulah di sesi pertama Bang Bernard Batubara menceritakan bagaimana proses kreatif di balik penulisan novel Espresso yang kini sudah mendapat ribuan pembaca di Storial dan segera naik cetak ini. Bara, begitu sapaan akrab penulis berdarah batak ini menceritakan bagaimana ide awal novel Espresso ini sampai reset apa saja yang sudah dilakukan dalam menyusun dan menyelesaikan kisah Lulu, Bisma, dan Nugi dalam novel Espresso selama satu tahun.


Sebelum sesi dua dimulai, semua peserta dipersilahkan coffee break. Di sinilah ajang bagi peserta yang merupakan kontributor Storial saling berkenalan dan bertukar segala informasi baik tentang challenge, novel, maupun segala sesuatu yang berkaitan dengan kepenulisan.
Setelah coffee break, giliran Mas Wisnu Suryaning Adji penulis novel Rahasia Salinem ini sharing tentang bagaimana menyusun kerangka sebuah novel. Mas Wisnu bercerita bagaimana reset yang dilakukan mengingat novel yang ditulisnya ini berkaitan dengan sejarah, bahkan untuk menentukan kata apa saja yang dipakai dalam cerita Mas Wis benar-benar melakukan reset. Sebagai penulis, Mas Wisnu berpesan supaya kita bisa mempelajari pola penulis lain namun tidak mencotohnya mentah-mentah.


Acara semakin seru setelah dibuka sesi tanya jawab, semua peserta terlihat antusias. Hal ini terlihat dari banyaknya penanya di setiap sesi. Bahkan acara yang menurut rencana selesai pada pukul 13.00 wib ini terpaksa harus mundur. Kendati demikian peserta terlihat senang dan tetap antusias mengikuti acara hingga selesai.

Salah satu keuntungan mengikuti acara #storialroadshow2019 ini adalah kesempatan untuk bertemu sesama kontributor Storial, selain itu kita juga berkesempatan menimba ilmu dari penulis yang sudah mengeluarkan karya dan meghasilkan dari Storial, dan terakhir adalah adanya reward yang diberikan Storial kepada semua peserta yang hadir, yaitu 1000 Storial coin yang bisa dipakai untuk membaca cerita premium di Storial.

Harapanku kegiatan #storialroadshow2019 ini tidak berhenti sampai di sini, semoga saja lain waktu aku masih bisa mengikuti kegiatan seperti ini.

Cheers....


Haiii baca juga ceritaku di Storial ya, klik aja di sini





Tidak ada komentar:

Posting Komentar