.

Selasa, 25 Juni 2019

Menikmati Eksotisme Curug Gending Asmoro


Ungaran, merupakan Ibu Kota Kabupaten Semarang yang dikenal memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Di tengah munculnya tempat-tempat wisata baru muncul nama Curug Gending Asmoro yang kini tengah hits karena memiliki spot foto yang instagramable.


Curug dalam bahasa jawa berarti air terjun. Curug Gending Asmoro sendiri merupakan objek wisata air terjun yang berlokasi di desa Kalongan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.


Penamaan Gending Asmoro bukan tanpa alasan. Gending sendiri berarti bunyi-bunyian yang berasal dari suara gamelan. Konon, ada cerita mistik yang melatar belakangi penamaan Curug Gending Asmoro. Menurut penuturan masyarakat sekitar dahulunya banyak warga yang kerap mendengar bunyi-bunyian gamelan yang berasal dari air terjun, bahkan ada juga cerita tentang gamelan gaib. Oke, kita lupakan sejenak tentang rumor yang beredar di luar sana tentang Curug Gending Asmoro.


Akses menuju lokasi Curug Gending Asmoro juga cukup mudah, dari Jalan Raya Solo Semarang kita ambil arah tol Ungaran hingga sampai Alun-alun Bung Karno. Dari sini kemudian kita menuju Desa Kalongan yang berjarak sekitar 5,8 km.

Lokasi Curug Gending Asmoro berada dekat dengan perkampungan warga sehingga jangan khawatir akan nyasar ya. Di sepanjang jalan juga terdapat papan petunjuk wisata Curug Gending Asmoro sehingga mudah untuk ditemukan.


Tiket masuk Curug Gending Asmoro adalah sebesar Rp 10.000/orang. Sedang untuk parkir Rp 2000/motor. Untuk sampai lokasi air terjun butuh perjuangan ekstra sebab kita harus melewati jalan setapak yang berupa anak tangga. Entah ada berapa banyak anak tangga di sana. Tapi rasa lelah itu akan terbayar begitu sampai lokasi air terjun Curug Gending Asmoro.


Gemercik air, pohon-pohon yang menjulang tinggi, bebatuan, serta suara saut-sautan burung menambah suasana di Curug Gending Asmoro begitu menenangkan. Di sekitar air terjun terdapat spot-spot foto yang sengaja dibuat untuk memanjakan wisatawan.


Fasilitas yang terdapat di Curug Gending Asmoro juga tergolong lengkap. Hampir di setiap sudut terdapat tempat sampah, ada juga kamar mandi yang bersih, bahkan tak jauh dari lokasi air terjun terdapat musholla lengkap dengan perlatan salat.

Setelah puas memanjakan mata kini giliran kita memanjakan perut. Di dekat lokasi air terjun terdapat sejumlah pedagang yang menjajakkan aneka minuman dan makanan. So, jangan khawatir kalo kelaparan ya.



Kendati objek wisata baru, nama Curug Gending Asmoro rupanya cukup populer. Hal ini terlihat dengan selalu adanya pengunjung datang terlebih saat weekend dan momen libur panjang. 

Bagaimana tertarik untuk berwisata ke Curug Gending Asmoro? Selalu ingat untuk menjaga kebersihan dan mematuhi setiap peraturan yang berlaku ya.


See you...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar