.

Selasa, 25 Juni 2019

Sensasi Minum Bir Pletok. Berani Coba?


Mendengar kata bir, apa yang kita pikirkan? Sudah pasti kita akan tertuju dengan berbagai merk minuman seperti Bintang, Anker, Heineken, Prost dan teman-temannya. Lantas bagaimana dengan Bir Pletok? Konon minuman ini bisa membuat sehat.



Bir pletok adalah salah satu minuman yang berasal dari Betawi, entah kenapa kemudian minuman ini menjadi populer di berbagai tempat. Bir Pletok sendiri adalah minuman yang kaya akan rempah-rempah, seperti jahe, daun pandan, daun jeruk, cengkeh, pala, kapulaga, batang serai juga kayu secang.


Sekilas bir pletok ini terlihat sama dengan wedang uwuh, hanya saja dalam penyajiannya bir pletok bisa disajikan dalam keadaan dingin ataupun panas. Penamaan bir pletok sendiri konon berasal dari suara es batu yang berbunyi pletok-pletok ketika bercampur dengan minuman berwarna khas merah ini.

Sejarah bir pletok sendiri bermula ketika jaman dahulu masyarakat Indonesia tertarik untuk mencoba minum bir layaknya kebiasaan yang di bawa orang barat untuk menghangatkan badan. Tapi setelah mengetahui harga minuman yang cukup tinggi serta banyak dampak yang berefek tidak baik, orang Indonesia mencoba untuk meramu sendiri bahan-bahan untuk dijadikan penghangat badan tanpa alkohol sedikitpun. Jadilah bir pletok yang kita kenal ini.




Bir pletok sendiri memiliki warna khas merah yang berasal dari kayu secang. Minuman yang hingga kini masih cukup populer di beberapa kalangan ini dipercaya memiliki berbagai manfaat diantaranya, meredakan nyeri lambung, radang sendi, mengatasi migraine, menyembuhkan masuk angin, mengatasi mual dan muntah serta manfaat lain bagi kesehatan.


Untuk menikmati bir pletok ini juga cukup mudah karena sekarang sudah banyak yang meraciknya secara instan. Bahkan banyak yang sudah menjualnya secara online. Tapi jika kita ingin meraciknya sendiri juga cukup mudah karena semua bahan-bahan yang digunakan mudah untuk didapatkan.


Bagaimana penasaran dengan bir pletok ini? Minuman ini tidak mengandung alkohol sedikitpun jadi jangan khawatir. Selamat mencicipi…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar