.

Senin, 01 Juli 2019

Gudeg Abimanyu, Gudeg Khas Kota Semarang


Gudeg selama ini kita mengenalnya sebagai kuliner khas Jogjakarta. Namun di Semarang ada satu gudeg yang namanya cukup populer di kalangan wisatawan baik dari Semarang maupun luar Semarang yaitu Gudeg Abimanyu.



Gudeg Abimanyu sudah ada sejak tahun 1960-an secara turun temurun. Gudeg Abimanyu milik Bu Lasmi ini sudah membuka beberapa cabang yaitu di Jalan Thamrin dan Jalan Ki Mangunsarkoro, sedang di Jalan Abimanyu lokasinya berada di sebuah gang kecil yang hanya berjarak beberapa meter dari Stasiun Poncol Semarang.

Gudeg Abimanyu ini buka mulai pagi hari sampai siang, kemudian sore hingga malam hari. Saat weekend tiba biasanya pengunjung akan naik 2x dari hari biasa, jadi jangan heran jika kita harus sedikit mengantri demi mencicipi gudeg ini.



Secara umum Gudeg Abimanyu ini hampir sama dengan gudeg Jogja, hanya saja yang membedakan cita rasa Gudeg Abimanyu ini tak terlalu manis. Begitu juga dari segi tampilan, Gudeg Abimanyu memiliki tekstur yang basah lain halnya dengan gudeg yang selama ini kita tahu memiliki tekstur lebih kering.

Dalam satu porsi Gudeg Abimanyu akan disajikan bersama dengan daun singkong, sayur kol rebus, sambal goreng krecek, telur bulat, serundeng basah lalu disiram dengan kuah berwarna putih kental yang rasanya gurih.

Agar terasa lebih nikmat dalam menyantap nasi gudeg kita bisa menambahkan beberapa lauk yang seperti opor, telur, aneka sate dan juga kerupuk udang. Satu porsi Gudeg Abimanyu dihargai sebesar Rp 18.000, tentu harga ini sebanding dengan cita rasa gudeg yang menggoyang lidah. Kalau kata Pak Bondan, maknyus...


Kendati di dalam gang yang sempit setiap harinya banyak pengunjung yang datang untuk menyantap Gudeg Abimanyu ini. Tempatnya memang tidak terlalu besar bahkan jauh dari kata mewah namun siapa sangka beberapa artis ibu kota pernah datang untuk mencicipi kelezatan Gudeg Abimanyu ini. Sebut saja Tukul Arwana, Anne Avantie, Purwacara, dan beberapa Youtuber. Hal ini terlihat dari galeri foto-foto yang sengaja dipasang pada dinding sebagai bukti jika Gudeg Abimanyu ini sudah cukup dikenal berbagai kalangan. Bagaimana tertarik untuk mencicipi salah satu Gudeg khas Semarang ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar