Catatan

Selamat Hari Kartini

07.00 Patricia Dian 1 Comments

Hari ini 21 April seluruh Bangsa Indonesia memperingati hari kelahiran salah satu Pahlawan Nasional yaitu Raden Ajeng Kartini atau yang biasa dikenal dengan R.A Kartini.
R.A Kartini lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879 dan wafat pada usia yang masih sangat muda yaitu 25 tahun tanggal 17 September 1904 di Rembang. Pada masa itu R.A Kartini dikenal sebagai tonggak kebangkitan perempuan Indonesia serta Pahlawan Nasional yang gigih memperjuangkan kesamaan dan kesetaraan gender antara kaum laki-laki dan perempuan. Berkat jasa beliaulah saat ini kaum perempuan memiliki hak-hak yang sama dengan kaum laki-laki. Melalui emansipasi, perempuan saat ini tidak hanya berada dirumah untuk melayani suami dan menjadi ibu rumah tangga.
Di era modern seperti saat ini, emansipasi ditunjukkan dengan banyaknya perempuan yang menempuh pendidikan tinggi, berkarir serta  memiliki cita-cita. Perempuan saat ini memiliki peranan penting dan turut serta andil dalam pembangunan bangsa. Terbukti dengan banyaknya perempuan yang menduduki posisi-posisi penting dalam instansi pemerintahan, tidak sedikit pula yang terjun ke ranah politik sebagai wakil rakyat, menteri ataupun kepala daerah.
Kesejajaran antara laki-laki dan perempuan juga ditunjukkan dalam peran perempuan yang menjadi tulang punggung ataupun ikut suami bekerja untuk membantu perekonomian dalam keluarga. Bahkan tidak sedikit perempuan yang mengerjakan pekerjaan laki-laki sebagai driver Gojek, sopir, tukang parkir, buruh pabrik dan masih banyak lagi.
Demi membangun bangsa ini agar menjadi lebih baik lagi, kaum perempuan tidak boleh melupakan hakikatnya sebagai seseorang perempuan yang akan mendidik anak-anaknya sebagai generasi penerus bangsa. Tugas ini mampu untuk menyadarkan perempuan generasi muda untuk menjadi perempuan yang terhormat, berharga, serta menjadi kebanggan bangsa.
Akhirnya kepada para perempuan-perempuan hebat dimanapun kalian berada, Selamat meneruskan perjuangan Kartini untuk terus berkarya.


1 komentar:

  1. Tantangan kartini masa kini sangat berat. Tapi semangat yg tinggi pasti bs melaluiny

    BalasHapus