.

Selasa, 26 Maret 2019

Review Novel Mariposa Karya Luluk HF


Ada yang suka baca Wattpad? Salah stau platform menulis ini telah melahirkan nama-nama penulis baru dengan cerita yang sudah mendapatkan ribuan pembaca. Salah satunya adalah novel Mariposa karya Luluk HF. Buat yang sudah membaca novel Mariposa selamat mengenang kisah manis itu. Buat yang belum membaca, silahkan baca review novel Mariposa ini untuk memantapkan hati sebelum membaca dan  membelinya.

Judul buku     : Mariposa
Karya             : Luluk HF
Tahun terbit    : 2018
Penerbit         : Coconut Books



Novel Mariposa ini memiliki warna yang khas merah jambu dengan gambar sebuah kupu-kupu. Meski demikian Maroposa bukan sebuah kisah tentang peri kupu-kupu yang cantik, melainkan kisah Natasha Kay Loovy atau yang akrab disapa Acha dan Iqbal Guana Fredy. Novel bergenre teenlit ini lebih dulu populer di Wattpad dengan 60 juta lebih pembaca.
  
Blurb

Untuk mencintai kamu, aku hanya butuh waktu satu detik. Sedangkan untuk mendapatkan hati kamu? aku butuh berapa juta detik?
Ya, itulah sepenggal kalimat yang menggambarkan bagaimana perjuangan seorang Natasha Kay Loovy atau Acha untuk mendapatkan hati seorang Iqbal Guana Fredy. Novel ini bukan berkisah tentang bad boy yang bertemu good girl, bukan pula tentang bad boy yang bertemu dengan bad girl. Ini adalah kisah tentang prasasti hidup yang bertemu landak betina.
Sinopsis Cerita
Sebagai pembaca belakangan kita disuguhkan dengan cerita yang mengangkat kehidupan pelajar SMA lengkap dengan segala problematikanya. Secara originalitas novel Mariposa unik, mulai dari nama tokoh utama, karakter, jalan cerita, serta konflik yang disuguhkan. Kendati sudah banyak novel dengan genre dan cerita yang sama tentang masa-masa indah di SMA.

Cerita berawal dari pertemuan kembali Acha dan Iqbal yang pernah sama-sama mengikuti olimpiade fisika dan kimia mewakili sekolah mereka. Acha yang sejak pertama kali bertemu sudah suka dengan Iqbal rela melakukan apapun termasuk pindah ke sekolah Iqbal.

Alih-alih bisa semakin dekat dengan Iqbal, sikap Acha yang terlalu kekanak-kanakan serta tak tahu malu dalam mengejar-ngejar Iqbal justru membuat Iqbal risih dan merasa terganggu. Apapun Acha lakukan asal bisa membuat Iqbal suka padanya. Mulai dari mengirimkan kue coklat, mengirim sms, menelpon sampai tiap hari mendatangi kelas Iqbal.

Acha sudah kebal dengan yang namanya penolakan berkali-kali dari Iqbal, tapi bukan Acha jika menyerah begitu saja hingga munculah sosok Juna yang ternyata suka pada Acha. Reputasi Juna sebagai ketua OSIS yang memiliki wajah tampan membuat Amanda, sahabat dekat Acha meminta supaya mempertimbangkan Juna dan melupakan Iqbal. Tentu bagi Acha yang terlanjur cinta mati dengan Iqbal ini adalah hal yang sangat sulit. 
Puncaknya adalah ketika Juna nembak Acha. Setelah mengalami penolakan dari Iqbal berkali-kali rupanya Acha berada di titik lelahnya dan memutuskan untuk menyerah dan mulai mempertimbangkan Juna yang sudah jelas-jelas menyukainya.

Anehnya ketika Acha mulai menyerah justru Iqbal merasa ada yang hilang dari dirinya. Diam-diam Iqbal mencari sosok Acha yang tak pernah lagi mengirimkannya kue coklat. Kedua sahabat Iqbal, Glen dan Rian menyuruh Iqbal untuk mengakui perasaannya kepada Acha, tapi lagi-lagi karena gengsi dan sikapnya yang terlalu dingin Iqbal enggan mengakuinya.

Sejak kecil Iqbal menaruh kecintaan pada dunia aeroscape, bahkan Iqbal memiliki cita-cita untuk menjadi astronot. Untuk mewujudkan cita-citanya itu Iqbal harus kuliah di London. Lantas bagaimana kelanjutan kisah Iqbal dan Acha? Berhasilkan Acha meluluhkan hati Iqbal? Atau apa yang selanjutnya Iqbal lakukan, mengakui perasaannya atau malah mengubur perasaan sukanya pada Acha yang semakin tumbuh?

Novel Mariposa ini recommended banget buat kalian yang sedang berjuang mewujudkan cita-cita. Tak melulu tentang percintaan, Mariposa juga mengisahkan bagaimana perjuangan seorang Iqbal juara Olimpiade Fisika mewujudkan mimpinya menjadi astronot, begitu juga dengan Acha kendati mengalami masalah cinta yang rumit gadis itu tetap memiliki semangat belajar yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan prestasinya meraih juara Olimpiade mewakili sekolahnya bersama Iqbal dan Dino.

Gaya bahasa yang santai serta konflik yang tak terlalu rumit rupanya membuat novel Mariposa mendapatkan tempat di hati setiap pembacanya. Cerita yang hampir semuanya mengambil setting di sekolah ini mampu membuat pembaca larut dalam nuansa putih abu-abu yang sarat akan berbagai kisah, tentang persahabatan, tentang patah hati, tentang cinta dan tentang sebuah usaha yang tak pernah menyerah.

So, bagaimana tertarik untuk membaca novel Mariposa??




5 komentar:

  1. Berapa jumlah halaman pada buku ini?

    BalasHapus
  2. Pelajaran yang didapat dari novel ini apa??

    #tolongdongdijawab🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu pelajaran berharga dari novel Mariposa ini adalah jangan mudah menyerah terhadap mimpi atau apapun yang sedang kita perjuangkan :)

      Hapus
  3. Kekurangan dan kelebihannya apa sih ka?

    BalasHapus