Travelling

Surga Belanja Batik di Kota Solo

15.58 Patricia Dian 0 Comments



Jalan-jalan ke Solo rasanya kurang lengkap kalo nggak mampir untuk membeli buah tangan yang akan dibawa untuk keluarga ataupun koleksi pribadi. Setelah puas mengunjungi objek wisata maupun tempat-tempat kuliner yang ada di Solo, biasanya sih para wisatawan mendatangi pusat oleh-oleh untuk berburu oleh-oleh khas Solo ataupun cindera mata.
Batik merupakan salah satu cindera mata yang paling banyak diburu. Berbagai wisatawan baik domestik maupun mancanegara berbondong-bondong mengunjungi tempat-tempat yang merupakan surganya belanja untuk para wisatawan ini. Buat yang lagi jalan-jalan ke Solo berikut tempat-tempat yang wajib dikunjungi sebagai alternatif tempat untuk berburu batik yang merupakan kebanggaan masyarakat Indonesia ini.

Kampung Batik Laweyan


Kampung Batik Laweyan merupakan ikon batik di Kota Solo yang menjadi tempat wisata tradisional dan berbelanja khusus batik. Sejarah batik di Solo berasal dari Laweyan, karena batik Solo tersebut diperkenalkan oleh Kyai Ageng Henis semasa kerajaan pajang pada awal abad ke 16. Harga batik di tempat ini juga beragam mulai dari lima puluh ribu rupiah hingga ratusan juta. Karena batik tersebut dibuat dengan kerumitan motif dan pembuatannya yang masih manual dan tradisional, sehingga menjadikan harga batik tulis tersebut menjadi sangat mahal.
 
Kampung Batik Kauman


Kampung Kauman merupakan perkampungan yang sangat dekat sekali dengan Keraton Kasunanan Surakarta. Sebagian besar warga di Kampung Batik Kauman tersebut banyak yang membuka usaha produksi dan penjualan batik sehingga tempat ini juga dijadikan tempat wisata belanja batik di Solo. Ciri khas dari batik kauman ini mempunyai warna lebih gelap serta memiliki motif modern atau motif trend saat ini.
Pasar Klewer
Tempat ini sudah tidak asing lagi namanya di Kota Solo. Pasar klewer merupakan salah satu pusat perbelanjaan pakaian yang paling besar di Solo. Pasar yang beralamatkan di Jl. Dr.Rajiman Solo ini menjadi tujuan utama wisatawan bila berkunjung ke Solo. Harga pakaian ataupun batik di tempat ini sudah sangat terkenal murahnya. Bahkan Pasar Klewer ini sering menjadi tempat tengkulak para reseller di berbagai kota. Pasar Klewer sendiri sempat mengalami masa-masa sulit pasca mengalami kebakaran akhir 2014 lalu. Saat proses revitalisasi pedagang-pedagang pasar klewer ini untuk sementara direlokasi ke pasar darurat yang dibangun Pemkot di Alun-alun Kota Solo. Hingga akhirnya tepat pada tanggal 21 April 2017 Pasar Klewer kembali dibuka dengan peresmian yang dilakukan oleh Presiden Jokowi yang bertepatan dengan Hari Kartini. Dengan dibukanya kembali, saat ini Pasar Klewer siap menjadi pusat tekstil terbesar di Jawa Tengah.

Pusat Grosir Solo 


Pusat Grosir Solo yang biasa dikenal masyarakat dengan PGS merupakan pusat perbelanjaan yang menjual beraneka ragam tekstil termasuk pakaian jadi ataupun batik. Di PGS sendiri tempatnya lebih nyaman untuk jalan-jalan sambil berbelanja karena bangunan PGS sendiri sama dengan mall. Tidak seperti pasar tradisional yang sangat ramai dan sempit. Hal ini membuat tempat ini menjadi daya tersendiri bagi para wisatawan yang ingin berburu batik dengan harga yang murah.

Beteng Trade Center 

Bangunan yang memiliki tiga lantai ini lebih akrab dikenal dengan nama BTC. Berada dalam satu lokasi dengan PGS karena memang letaknya yang berdampingan. Di tempat ini wisatawan bisa berbelanja baju batik ataupun aneka macam kain dalam bentuk ecer maupun grosir. Untuk harga di tempat ini juga relatif murah dan berkualitas bagus. Nggak salah kalo tiap akhir pekan ataupun liburan tiba banyak wisatawan dalam maupun luar Kota yang mengunjungi tempat ini.

Demikian tadi beberapa informasi tempat yang bisa dijadikan pilihan ketika sedang berkunjung ke Solo dan ingin berburu batik yang merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Solo.

0 komentar: