Selasa, 09 Oktober 2018

Mie Ongklok Kuliner Khas Wonosobo


Wonosobo adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang merupakan dataran tinggi dengan panorama alam yang mengundang decak kagum. Berbicara tentang Wonosobo tak akan lepas dari sejumlah tempat wisatanya, sebut saja Dieng yang kini menjadi primadona dan satu destinasi wisata. Ada juga Telaga Warna, Telaga Menjer, juga Bukit Sikunir. Sedangkan untuk kuliner Carika dan Mie Ongklok merupakan kuliner khas dan wajib yang wajib dicoba saat berkunjung ke Wonosobo.



Mie Ongklok sendiri merupakan kuliner berbahan dasar mie dengan kuah kental yang disantap bersama dengan sate sapi. Proses pembuatan mie ongklok sendiri hampir sama dengan kuliner berbahan dasar mie pada umumnya. Mie kuning, irisan kol dan kucai dimasukkan dalam ongklok kemudian dicelupkan pada air mendidih sehingga sayurannya menjadi lunak. Ongklok sendiri adalah keranjang anyaman yang terbuat dari bambu. Mungkin inilah salah satu alasan penamaan mie ongklok sendiri.




Proses pembuatan mie ongklok selanjutnya setelah mie mendidih adalah menempatkannya dalam mangkuk lalu disiram dengan kuah kental berwarna cokelat yang terbuat dari pati, tepung sagu, gula jawa, ebi, rempah, dan bumbu sate. Mie ongklok biasanya disajikan ketika masih panas, tentu ini cocok sekali disantap dengan suasana wonosobo yang memiliki udara dingin.


Untuk satu porsi mie ongklok akan disajikan bersama dengan sate sapi yang berjumlah 10 tusuk. Kuah kental yang manis serta bumbu sate yang gurih menjadi perpaduan yang sempurna. Bagi yang suka pedas bisa juga dengan menambahkan potongan cabai untuk menggugah selera makan.




Di Wonosobo sendiri kita dengan mudah bisa menemukan penjual mie ongklok, salah satunya adalah “Kedai Mie Ongkok dan Sate Pak Muhadi.” Menurut informasi dari sejumlah warga di Wonosobo, mie ongklok di sini begitu populer dan menjadi satu tempat yang kerap di tuju wisatawan dari berbagai kota.




Terletak di jalan utama Wonosobo, kios ini selalu ramai tiap harinya apalagi saat weekend tiba. Begitu menginjakkan kaki di tempat ini kita bisa langsung melihat proses pembuatan mie ongklok ini karena letaknya yang berada dekat pintu masuk. 



Penasaran seperti apa cita rasa mie ongklok? Datang saja ke Wonosobo, kota yang memiliki udara sejuk, pemandangan alam yang indah, serta kuliner yang unik ini akan membuat siapapun ingin kembali lagi berkunjung dan berwisata ke Wonosobo.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar