Selasa, 02 April 2019

Fakta Tentang Guiding Block, Garis Kuning Di Trotoar


Guiding block, namanya terdengar asing, bahkan jika kita menanyakan ke beberapa pengguna jalan banyak yang tidak tahu apa itu guiding block kendati kita sudah kerap melihatnya. Berikut adalah beberapa informasi tentang Guiding Block yang harus kita tahu.

Guiding Block sering kita jumpai di tempat umum seperti trotoar, stasiun, dan terminal. Fungsi dari guding block sendiri adalah pemandu jalan bagi penyandang tuna netra supaya tetap aman saat berada di tempat umum.




Bagi penyandang disabilitas khususnya tuna netra, keberadaan Guiding Block sendiri begitu membantu. Tapi fakta di lapangan berkata lain, karena kurangnya pengetahuan atau sosialisasi banyak yang menganggap keberadaan garis kuning pada ubin yang terletak di pinggir-pinggir jalan seperti trotoar, terminal, stasiun itu tak ada bedanya dengan yang lain. Bahkan ada yang mengira penambahan warna kuning dimaksudkan sebagai hiasan yang menambah nilai estetika belaka.





Sungguh ironi, di beberapa tempat keberadaan Guding Block ini sengaja dibuat berbelok-belok, naik turun, dan terkadang kepotong oleh adanya pohon. Apapun alasannya tentu hal ini tidak dibenarkan karena akan sangar  membahayakan bagi teman-teman tuna netra.




Karena sudah mengetahui fakta tentang Guiding Block, keberadaan serta fungsinya. Mulai sekarang yuk kita bersama-sama mensosialisasikan tentang Guding Block agar semakin banyak orang yang tahu. Sehingga masyarakat juga tahu betapa berartinya Guding Block ini bagi penyandang tuna netra.




Nah demikian informasi mengenai Guiding Block ini, semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar