Sabtu, 16 Maret 2019

Candi Joglo, Wisata Hits di Kabupaten Grobogan


Kabupaten Grobogan merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Tengah dengan Ibukota kabupaten berada di Purwodadi. Secara geografis kondisi tanah kabupaten Grobogan berupa daerah pegunungan kapur, perbukitan dan dataran di bagian tengahnya.


Berbicara tentang Grobogan pasti tidak akan jauh-jauh dari yang namanya swikee, salah satu kuliner khasnya, baca di sini (http://www.goresankata.com/2018/04/swikee-sajian-istimewa-khas-purwodadi.html). Tapi belakangan kabupaten Grobogan menjadi salah satu destinasi wisata karena memiliki sejumlah objek wisata baru yang tengah hits, salah satunya adalah Candi Joglo.

Candi Joglo terletak di Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh, Grobogan, Jawa Tengah. Untuk menuju lokasi ini cukup mudah karena sudah banyak akses kendaraan yang melewati kawasan ini, termasuk ojek online, keren kan!

Candi Joglo sendiri merupakan salah satu objek wisata yang menghadirkan nuansa Bali. Suasana Bali begitu terasa ketika memasuki area perkampungan yang disulap persis seperti di Bali. Mulai dari iringan musik, patung, payung, dan janur di sepanjang jalan. Untuk tiket masuk ke Candi Joglo relatif murah, hanya dengan sepuluh ribu rupiah kita sudah bisa memasuki area Joglo dan berfoto-foto di spot-spot layaknya di Bali.


Hal yang paling menarik dari Candi Joglo ini adalah pengunjung diwajibkan untuk mengenakan kain kotak-kotak putih hitam (kain poleng) yang menjadi ciri khas di Bali, sehingga pengunjung diharuskan menyewa di tempat yang sudah tersedia. Eits jangan khawatir, biaya sewa kain ini sudah termasuk sepuluh ribu rupiah yang kita gunakan untuk tiket masuk tadi. Cukup murah kan.



Begitu masuk ke pelataran candi kita akan disambut iringan musik khas Bali, di area ini terdapat dua buah gapura yang menjadi satu spot favorit pengunjung. Ada juga kolam ikan lengkap dengan patung-patung disekelilingnya.



Meski mengadopsi nuansa Bali, Candi Joglo tidak meninggalkan ciri khas budaya Jawa. Hal ini bisa terlihat dari bangunan yang berbentuk joglo. Joglo ini digunakan sebagai museum untuk menyimpan benda-benda seperti aneka wayang kulit, permainan tradisional seperti dakon, serta aneka patung khas Bali.


Puas berkeliling bagian museum dan pelataran Joglo, masih ada spot foto menarik di bagian samping. Berlatar belakang hamparan sampah dengan padi yang mulai menguning membuat suasana tempat ini layaknya pedesaan di Bali.

Di bagian ini pengunjung akan dimanjakan dengan angin sepoi-sepoi serta pemandangan persawahan yang memperlihatkan aktivitas petani di sana. Terakhir kita bisa mampir juga ke kafetaria yang menyuguhkan kopi yang menjadi andalan tempat ini. 

Bagaimana semakin penasaran dengan nuansa Bali ala-ala Candi Joglo? Datang saja ke Kabupaten Grobogan. See you

Tidak ada komentar:

Posting Komentar