Inspirasi

Peringatan Hari Bumi

12.47 Patricia Dian 0 Comments






Setelah kemaren tanggal 21 April seluruh masyarakat Indonesia merayakan hari Kartini, hari ini 22 April diperingati sebagai Hari Bumi (Earth Day). Peringatan Hari Bumi pertama kali diselenggarakan di Amerika Serikat pada 22 April 1970. Kegiatan ini dicanangkan oleh seorang pecinta lingkungan hidup, Gaylord Nelson. Beliau adalah salah seorang pengajar lingkungan hidup. Pada awalnya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan kesadaran manusia terhadap planet yang ditinggali oleh manusia saat ini yaitu bumi
Ternyata banyak juga yang tidak tahu, kalo hari ini adalah peringatan Hari Bumi Sedunia. Karena faktanya Hari Bumi kebanyakan hanya diketahui dan diperingati para aktifis peduli lingkungan. Sebenarnya apa sih makna dari peringatan Hari Bumi itu sendiri, khususnya bagi kita generasi muda?
Kita menyadari bahwa bumi yang kita tempati semakin menua. Tetapi disisi lain banyak sekali perilaku masyarakat yang kurang peduli terhadap bumi yang kita tempati saat ini. Seolah bumi adalah milik sendiri, berbagai aksi eksploitasi secara gamblang dilakukan besar-besaran dan terjadi hampir setiap hari melalui berbagai kejadian disekitar tempat kita tinggal.
Contoh sederhanya banyak terjadi dilingkungan kita sehari-hari misalkan saja masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan baik itu disungai atau selokan, penggunaan listrik dan air yang berlebih, eksploitasi penggunaan plastik dan kertas yang per harinya bahkan sampai jutaan sampah dihasilkan.
Tentunya hal ini berdampak pada kerusakan lingkungan hidup yang menyebabkan penurunan kualitas lingkungan sehingga mengakibatkan terjadinya berbagai bencana alam seperti tanah longsor, banjir,  kekeringan, krisis air bersih dan kebakaran hutan.
Kesadaran masyarakat cenderung menurun untuk menjaga, merawat, serta melestarikan lingkungan hidup.
Disadari atau tidak upaya untuk melestarikan lingkungan hidup seharusnya tidak hanya menjadi tanggung jawab perorangan saja, tetapi tanggung jawab dari semua yang hidup di bumi ini.
Kesadaran untuk melestarikan lingkungan hidup seharusnya ditanamkan sedini mungkin bahkan tidak perlu harus menunggu Hari Bumi. Tidak sulit kok, mulailah dengan hal-hal kecil dan sederhana yang bisa kita terapkan dilingkungan sekitar kita. Asalkan ada kemauan dan usaha bersama untuk menjaganya satu langkah kecil ini dapat menyelamatkan bumi dari kerusakan.
Selamat Hari Bumi, ayo tunjukkan aksi nyatamu…
           

0 komentar: