.

Sabtu, 22 April 2017

Peringatan Hari Bumi






Setiap tanggal 22 April kita memperingatinya sebagai Hari Bumi (Earth Day). Tahu nggak sih peringatan Hari Bumi pertama kalinya diselenggarakan di Amerika Serikat pada 22 April 1970. 

Kegiatan perayaan Hari Bumi pertama kali dicanangkan oleh seorang aktivis lingkungan hidup bernama Gaylord Nelson. Beliau adalah  seorang pengajar lingkungan hidup. Pada awalnya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan kesadaran manusia terhadap planet yang ditinggali oleh manusia saat ini yaitu bumi
Kita sadar jika bumi yang kita tempati semakin menua. Tetapi semakin hari kita mendapati banyak sekali perilaku masyarakat yang sepertinya kurang peduli terhadap bumi yang kita tempati saat ini. Bumi seolah menjadi milik sendiri, berbagai aksi eksploitasi secara gamblang dilakukan besar-besaran dan terjadi hampir setiap hari melalui berbagai kejadian yang kita temui disekitar kita.
Ada banyak contoh sederhana yang sering kita lihat, bahkan disadari atau tidak kita pun termasuk salah satu orang yang turut andil terhadap berbagai perilaku tersebut. Budaya membuang sampah pada tempatnya adalah sebuah hal sederhana tapi nyatanya masih banyak yang menganggap sepele hal ini. Aksi buang sampah sembarangan di tempat-tempat umum, disungai atau selokan, seakan hal yang lumrah. 
Demikian juga dalam penggunaan listrik dan air yang berlebih, eksploitasi penggunaan plastik dan kertas yang per harinya bahkan sampai jutaan sampah dihasilkan.
Dari perilaku sederhana ini jika dilakukan secara terus menerus tentu akan berdampak pada kerusakan lingkungan hidup, tentu dampaknya adalah penurunan kualitas lingkungan. Akibatnya timbul berbagai bencana alam seperti tanah longsor, banjir,  kekeringan, krisis air bersih dan kebakaran hutan. Kalau sudah begini siapa yang mau disalahkan?
Kesadaran masyarakat untuk  menjaga, merawat, serta melestarikan lingkungan hidup harus terus ditingkatkan. Bumi dan segala isinya adalah tanggung jawab kita bersama jadi sudah seharusnya kita ikut ambil bagian dalam upaya menjaga bumi supaya tetap lestari.

Mulailah dengan hal-hal sederhana, tunjukkan kepedulianmu untuk bumi dengan turut berpartisipasi mengurangi kerusakan lingkungan yang berasal dari sampah. Caranya?
Sadarilah untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, kurangi penggunaan botol plastik, matikan listrik jika sudah tidak digunakan dan bijaklah dalam menggunakan air.

Mari bersama-sama kita menjaga bumi yang kita tempati untuk masa depan yang lebih baik.

Selamat Hari Bumi, ayo tunjukkan aksi nyatamu…
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar